Wednesday, September 23, 2009

Printer Baru Membuat Windows Crash

Kucing Tekno - Perangkat lama mengganggu  Driver untuk printer lama ditampilkan dalam Device-Manager hanya bila variabel lingkungannya disesuaikan

MASALAH: Setelah printer lama seorang pembaca CHIP rusak, sebuah perangkat multifungsi HP terletak di mejanya. Semua sempurna, bila bukan XP: Sistem operasi ini selalu crash, ketika ia ingin mencetak. Putus asa ia menghubungi CHIP.

illustrasi


DIAGNOSIS: Tes pertama membuat prihatin: Begitu kami menekan tombol ‘Print’ di bawah Word, Windows hanya menampilkan layar biru dan hang. Mungkin printernya sendiri yang bermasalah. Ini bisa cepat diperiksa. Kami hubungkan printer ke PC lain. Ternyata ia mencetak tanpa masalah. Dengan demikian kami juga dapat mencoret kabel printer sebagai kemungkinan sumber masalah. Sebelum menginstalasi ulang seluruh sistem, kami mencoba peruntungan di forum printer Internet dan berhasil.



SOLUSI: Penyebab masalah adalah driver untuk printer lama. Solusinya tampak sederhana: Singkirkan driver ybs. Lebih mudah dikatakan daripada dilakukan, soalnya dalam Device-Manager Windows hanya menampilkan driver perangkat yang terkoneksi. Semua lainnya aktif, tetapi hanya dapat ditampilkan dengan sebuah trik:

Kami tekan pada keyboard tombol Windows dan tombol Pause untuk sampai ke System-Properties. Dalam tab ‘Advanced’ selanjutnya kami mengklik ‘Environment Variables’ dan di bawahnya pada ‘New’. Sebagai nama kami cantumkan ‘devmgr_show_nonpresent_devices’ dan sebagai ‘Value’ angka ‘1’.
Kami konfirmasikan dengan ‘OK’ dan merestart PC. Dalam Device-Manager kami klik ‘View| Show hidden Devices’ agar XP menampilkan driver printer lama. Dengan sebuah klik kanan pada perangkat dan perintah ‘Uninstall’ kami singkirkan biang keladinya dari PC. Sekarang pembaca CHIP tersebut dapat mencetak tanpa Windows-crash.

Sumber:
http://www.chip.co.id/bug-of-the-month/printer-baru-membuat-windows-crash.html