Tuesday, November 22, 2016

Struktur Folder di Android Studio

 

TAK KENAL MAKA TAK SAYANG

Setelah kalian mendownload dan menginstalnya tentunya kita harus membuka aplikasinya haha. Namun alangkah baiknya kita harus mempelajari apa saja struktur yang ada pada Android Studio ini agar kita lebih nyaman dan tidak SALAH dalam meletakkan baris kodenya.

Struktur di Android Studio menurut saya sendiri lumayan ribet dan harus ekstra sabar untuk memahaminya, namun tidak ada yang tidak mungkin untuk menguasainya. Kalau sudah kenal kan enak mau diapain juga. 


Berikut adalah gambar strukturnya:


STRUKTUR DIREKTORI

Mari kita bahas struktur folder yang ada di Android Studio mulai dari yang paling atas.

#1 /manifests



Pada folder ini berisi file yang bernama AndroidManifest.xml disinilah didefinisikan nama aplikasi, icon yang digunakan, activity yang ada di aplikasi serta permission untuk mengakses seperti hardware, internet, sensor dan resource lainnya.

#2 /java



Didalam folder ini terdapat dua folder lagi dengan nama com.package.namaaplikasi dan com.package.namaaplikasi (androidTest). Yang kita gunakan adalah adalah folder yang pertama , di sini kita akan mengisikab barisan kode dengan format file.java yang berisi activity / class dari aplikasi kita.



#3 /res



Ini adalah folder yang berhungan dengan interface atau tampilan, di dalam folder ini terdapat juga folder dengan nama drawable,menu, layout, mipmap dan values. Disinilah ukuran, warna, tata letak, dimensi, icon tema dan lain-lain didefinisikan dan disimpan.  


#a /res/drawable 

 

Pada folder ini kita dapat meletakkan icon atau gambar yang nantinya akan kita gunakan dalam pembuatan desain aplikasi Android.

#b /res/layout

 

Folder ini berisi file dengan tipe Layout.xml disinilah rancangan tampilan per layout dibuat.


#c /res/menu



Seperti namanya disini kita membuat resource menu seperti Swipe kiri yang berisi kategori menu, format filenya adalah menu.xml.


#c /res/mipmap

 

Fungsinya sama dengan folder drawable namun di folder mipmap ini kita bisa membuat folder lagi di dalamnya, disini kita bisa meletakkan icon bar untuk project android


#d /res/values


Pada folder ini kita bisa mengatur perubahan tema dan juga membuat string yang nantinya akan digunakan untuk memberikan judul aplikasi, Bahasa, menu dan lain-lain.



#4 Gradle Script


Ini adalah folder yang berisi sub folder yang berhubungan dengan untuk mengcompile aplikasi secara keseluruhan, melakukan sinkronisasi library dan repository dan lain-lain.


Itulah beberapa struktur di Android Studio yang perlu diperhatikan. Masih banyak lagi yang belum dijelaskan dan nantinya kita akan paham sendiri seiring berjalannya waktu. Langkah selanjutnya tentunya adalah mencoba membuat hello world -haha.