Wednesday, May 17, 2017

Cara Mencegah Ransomware Wannacry / WannaCrypt Di Komputer Kita



Serangan Ransomware jenis Wannacry atau Wannacript telah membuat dunia heboh termasuk juga di Indonesia. Telah banyak ratusan instansi yang menjadi korban keganasan ransomware tersebut.

Sudah dikabarkan ada dua Rumah Sakit yang menjadi korban, setelah itu Menkominfo pun menyerukan kepada semua pengguna komputer untuk waspada mencegah penyebaran ransomware tersebut.

Berikut Beberapa Cara Untuk Mencegah Ransomware Wannacry / WannaCrypt Di Komputer Kita

UPDATE WINDOWS KAMU




Jika kamu pengguna Windows yang masih disupport Microsoft seperti Windows 7, Windows 8 , Windows 8.1 atau Windows 10 maka kamu cukup mengupdate lewat Windows Update.

Jika kamu masih menggunakan Windows XP atau dibawahnya maka ada perlakuan khusus dengan mengupdate Patch Security secara terpisah .

Untuk Windows dengan bahasa English

Untuk Windows dengan bahasa lokal

GUNAKAN ANTIVIRUS / ANTI RANSOMWARE SERTA MENG-UPDATE-NYA



Langkah selanjutnya yang bisa kamu lakukan untuk mengantisipasi ransomware adalah menggunakan Antivirus / Anti Ransomware dan pastikan juga kamu telah meng-updatenya . Karena bisa dipastikan semua pengembang Antivirus sudah merilis patch untuk menanggulangi Ransomware tersebut.


MATIKAN DUKUNGAN SMBv1


Pengaktifan SMB ( Server Message Block ) merupakan salah satu celah untuk Ransomware Wannacry untuk menginfeksi komputer korbannya.

klik kanan Run As Administrator


Untuk menonaktifkannya caranya buka Command Prompt ( CMD ) dengan klik kanan Run as administrator , lalu ketikkan command berikut :

dism /online /norestart /disable-feature /featurename:SMB1Protocol

- lalu ENTER


MATIKAN PORT 139 DAN 445 


Port 139 dan 445 memang jarang digunakan oleh sebab itu dimanfaatkan Ransomware Wannacry untuk menyebarkan ke komputer lain .

Untuk menonaktifkannya caranya buka Command Prompt ( CMD ) dengan klik kanan Run as administrator , lalu ketikkan command berikut :

netsh advfirewall firewall add rule dir=in action=block protocol=TCP localport=139 name=”Block_TCP-139″

kemudian ENTER , lalu ketikkan lagi :

netsh advfirewall firewall add rule dir=in action=block protocol=TCP localport=445 name=”Block_TCP-445″

lalu ENTER



Semoga cara diatas bisa membantu kamu untuk mencegah penyebaran Ransomware Wannacry namun juga kita harus waspada dengan tidak mengklik program / attachment email yang mencurigakan .



Adapted From : Winpoin.com