Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menghemat Kuota Internet di Windows 10 Agar Tidak Boros

kucingtekno.com - Windows 10 merupakan sistem operasi terbaru besutan Microsoft yang mempunyai segudang fitur-fitur baru yang berguna bagi pengggunanya. User interface yang berbeda dari sistem operasi sebelumnya dengan ciri khas aplikasi Universal Windows Platform ( UWP ) membawa perubahan dalam mengunakan sebuah komputer .

image theverge.com

Mengapa kita butuh cara menghemat kuota internet di Windows 10 ? Kebanyakan aplikasi UWP dan fitur-fiturnya tidak akan terasa canggih dan berguna jika tidak terkoneksi internet. Sebagai contohnya aplikasi cuaca harus melakukan update data untuk dapat menampilkan kondisi cuaca terkini.

Jika kamu mengalami kendala permasalahan Wifi Limited di Windows 10 kamu bisa mencoba Cara Mengatasi Wifi Limited di Windows 10 pada tutorial sebelumnya pernah dibuat.

Serta berbagai macam fitur seperti Cortana mengharuskan koneksi internet untuk dapat berjalan sebagai mana mestinya dan masih banyak fitur lainnya. Oleh karena itu jangan heran jika kuota internet kamu akan cepat habis terlebih lagi jika kamu menggunakan koneksi yang mengandalkan tethering ponsel atau koneksi internet yang berbasis kuota.

Untuk mengatasinya ada cara yang paling mudah demi menghemat kuota internet windows 10 yaitu dengan mengaktifkan fitur Metered Connection. Fitur tersebut akan mengendalikan penggunaan internet dan menghindari pemborosan proses yang berjalan di latar belakang tanpa sepengetahuan kita seperti Update Windows atau driver secara otomatis.

Berikut cara mengaktifkan Metered Connection di Windows 10 dengan mudah :

  Klik icon koneksi internet yang aktif dugunakan ( Wifi / Dial Up / LAN ) - klik properties




Aktifkan fitur Set as metered Connections




CATATAN
Metered Connection bersifat terpisah 
Ulangi langkah diatas jika terkoneksi dengan koneksi baru yang lain, misal kita konek menggunakan WIFI A kemudian jika terhubung dengan WIFI B atau LAN lain maka harus mengaturnya lagi.

Jika fitur tersebut diaktifkan beberapa layanan seperti Windows Update atau Anti Virus Update dan lain-lain mungkin tidak akan berjalan otomatis. Jika ingin membiarkan mereka berjalan otomatis matikan fitur Metered Connection.

Sangat mudah untuk dicoba bukan ?

Posting Komentar untuk "Cara Menghemat Kuota Internet di Windows 10 Agar Tidak Boros"