Thursday, July 27, 2017

Disney Ciptakan Hiburan Teknologi Augmented Reality, Kamera RGB dan Sensor Kedalaman

Disney mulai menampilkan satu aplikasi yang potensial untuk menjadikan realitas interakasi manusia dengan karakter-karakter digital. Teknologi terbaru yang menggunakan sensor kedalaman serta kamera RGB yang canggih akan menghasilkan suatu pengalaman dimana pengguna dapat duduk sebangku kangsung dengan karakter digital .

Disney menyebut teknologi ini dengan Magic Bench yang memanfaatkan kamera dan hardware lainnya. Mampu mengubah gambar 2D ke dalam bentuk 3D beserta bayangan realistis hasil dari sensor kedalaman RGB .

image disney
Kita juga langsung dapat berinteraksi dengan karakter digital yang ada seperti memegang, membelai dan uniknya karakter tersebut dapat merespon reaksi balik . Ditambah pencahayaan yang memadai karakter yang ada seakan hidup dan benar-benar berada di samping kita lengkap dengan bayangan yang dihasilkan.

image mobilesyrup

Teknologi ini menggabungkan Augmented Reality dimana pengguna dapat melihat interaksinya dengan karakter digital melalui layar luas di depannya bukan lagi melalui sebuah perangkat kaca mata. Bangku kayu standar seolah menjadi panggung pertunjukan dimana aksi-aksi karakter digital tersebut berlaga. 


Disney Research terus mengembangkan teknologi AR agar dapat menjadi lebih unik dan interaktif. Mungkin hal ini sebelumnya sudah bisa kita temukan seperti teknologi Hololens milik Microsoft yang menggunakan perangkat sejenis kaca mata untuk dapat melihat hasil digitalnya.

image variety.com


Kecanggihan lainnya diciptakan lagi sebuah teknologi AR pada sebuah game atau permainan anak-anak. Dengan melihatnya melalui layar tablet karakter yang digambar disebuah media gambar akan dapat hidup dan merespon. Misalnya jika gambar tersebut diwarnai maka objek 3D yang muncul mampu berubah sesuai dengan apa yang telah di warnai.



Tentu saja teknologi-teknologi tersebut bermanfaat khususnya untuk pendidikan dan hiburan. Dengan memanfaatkan media terkini menjadi salah satu pengalaman baru dalam menikmati konten digital yang dapat berinteraksi.