Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mencoba Fitur Face Unlock di MIUI 9 Smartphone Xiaomi

Fitur keamanan di smartphone sekarang makin canggih dan menarik, penggunaan sandi dan pola pun mulai ditinggalkan karena ada teknologi yang lebih canggih dan tidak ribet. sempat menjadi tren kemarin adalah penggunaan fingerprint atau sidik jari sebagai  keamanan di smartphone. Namun sekarang banyak vendor juga mulai melirik teknologi Face Unlock atau Membuka kunci dengan wajah. Kali ini kita akan membahas penerapan  face unlock di smartphone Xiaomi khususnya penggunaan Face Unlock di  MIUI 9.

images deccanchronicle.com


Penggunaan Face Unlock memang sudah dahulu  dipakai di smartphone besutan Samsung bahkan pihaknya sudah menggunakan Iris Scanner yang lebih kompleks.  Fitur Face Unlock juga  diklaim sebagai daya tarii produk terbaru Apple  yang menyebut fitur Face Unlock dengan nama FaceID. Bahkan terakhir smartphone yang gencar memanerkan fitur  pengenal wajah tersebut adalah Vivo dengan menggelar pertunjukan di tujuh stasiun televisi swasta.

Namun  ada kabar menarik jika kamu adalah pengguna smartphone Xiaomi.  Pasalnya  sudah ada fitur Face Unlock atau pengenalan wajah di sistem operasi MIUI 9. Dan kali ini admin akan mencoba fitur Face Unlock di MIUI 9 Smartphone Xiaomi.  Berikut beberapa catatan sebelum mencoba fitur andalan tersebut.

CATATAN

Admin menggunakan smartphone Xiaomi Redmi 3 Pro dengan custom ROM MIUI PRO Versi 7.10.5. Mungkin saja fitur Face Unlock sudah ada di MIUI 9 versi Global namun dikala admin saat postingan ini dibuat belum ada update fitur tersebut jadi flash ke ROM MIUI PRO.



Buka  SETTING  kemudian masuk ke LOCKSCREEN and FINGERPRINT,  disana akan ada pengaturan Add Face Data.





Setelah masuk ke Add Face Data  akan ada konfirmasi sandi smartphone yang sebelumnya sudah dibuat sebagai pengaman utama.




Akan tampil dilayar peringatan sebelum menggunakan Face Unlock  kemudian klik Next saja.





Di layar akan muncul elips yang akan merekam dan menyimpan wajah kamu. Arahkan pandangan kamu ke depan kamera depan, posisikan wajah kamu sesuai arahan di layar.




Jika berhasil merekam maka akan muncul peringatan Added Succesfully kemudian klik Done.

Kembali ke pengaturan sebelumnya,  klik Manage Face Data  masukkan sandi smartphone lalu aktifkan  Unlock Using Face Data.  Kamu juga bisa mengaktifkan Allow  Face Unlock When Screen Lights Up  namun terserah kamu.




Jika dirasa pengambilan gambar wajah kurang pas atau kurang presisi bisa mengulangnya kembali dengan klik Delete Face Data lalu ulangi prosesur dari awal.

Cara menggunakan fitur Face Unlock di MIUI 9 ini adalah ketika layar dalam keadaan mati lalu tekan tombol power untuk masuk ke tampilan Lock Screen.  seperti biasa akan muncul keterangan Use Password or Face Data. Arahkan wajahmu ke arah kamera depan smartphone maka sekejab akan masuk ke halaman utama.




Setelah admin mencoba hasilnya lumayan akurat dan cepat,  sangat menarik untuk dicoba sendiri bagi kamu yang penasaran.  Fitur Face Unlock di smartphone Xiaomi bisa menjadi alternatif pengganti pola, sandi atau dikala jari kita kotor saat ingin menggunakan fitur fingerprint.


LINK DOWNLOAD


Untuk semua tipe Xiaomi bisa dilihat di https://miuipro*by/roms/ ( ganti tanda bintang * dengan titik)


KESIMPULAN

  • Fungsi Face Unlock di MIUI 9 ini tergantung cahaya dan kondisi kamera smartphone. Semakin terang dan tanpa penghalang maka semakin cepat proses pengenalan  wajah kamu
  • Masih menggunakan tombol power untuk masuk Lock Screen,  belum bisa digunakan secara langsung dalam kondisi layar mati ( Mungkin akan ada update fitur sebelumnya)
  • Belum ada fitur Unlock Aplikasi dengan Face Unlock ini.
  • Fitur  ini hanyalah pendukung keamanan,  jadi tetap berhati-hati karena bisa saja digunakan oleh  orang jahil karena hanya menghadapkan smartphone ke wajah kita seseorang bisa membukanya.

4 komentar untuk "Mencoba Fitur Face Unlock di MIUI 9 Smartphone Xiaomi"