Monday, November 13, 2017

Cara Ampuh Mengatasi Disk Usage 100 % di Windows 10



Apakah komputer kamu terasa lambat jika digunakan ? Bahkan saat dioperasikan tanpa membuka aplikasi apapun komputer kamu tiba-tiba hang atau crash ?

Sebenarnya masalah komputer atau PC terasa lambat mempunyai banyak penyebab, salah satunya adalah fenomena Disk Usage 100% pada PC. Untuk melihatnya kamu bisa buka task manager dengan klik kanan taskbar dan pilih task manager lalu klik ke tab Processes . Disana akan terlihat penggunaan CPU, Memory (RAM) dan Disk Usage, perhatikan apakah di kolom Disk Usage terlihat grafik aktifitas Disk Usage tidak wajar bahkan sampai merah dan menunjukkan angka 100 % terus menerus ?

Jika terdapat kondisi demikian bisa dipastikan ada proses yang tidak wajar pada Hardisk kamu. Untuk mengatasi Disk Usage 100% di Windows 10 ,8.1, 8, atau Windows 7 kamu bisa menggunakan beberapa cara dibawah ini


1. Apakah Disk Usage 100% disebabkan terdapat Virus atau Malware di komputer kamu ?



Langkah awal untuk memastikan komputer kamu bebas virus adalah dengan melakukan scan Antivirus secara menyeluruh ke semua Drive. Gunakan Antivirus kepercayaan kamu atau jika tidak punya kamu bisa menggunakan Antivirus Windows bawaan yaitu Windows Defender.

Disarankan untuk mengupdate Antivirus terlebih dahulu secara online agar proses scanning bisa berjalan maksimal. Selain virus banyak kasus yang sering menyebabkan antivirus berjalan berat di komputer hingga menyebabkan Disk Usage 100% adalah adanya program yang dikenali sebagai trojan/ crack. Bisa saja disebabkan oleh activator, patch, keygen,crack dari software bajakan.

Jika pada langkah scanning full sudah selesai dijalankan dan komputer direstart tapi masih saja Disk Usage 100% maka coba lakukan langkah selanjutnya. Namun jika sudah teratasi pada bagian ini maka tidak perlu melanjutkan ke langkah selanjutnya.

2. Matikan atau Hentikan Service Windows 


Beberapa service yang perlu dihentikan atau dimatikan adalah 

  • Windows Search
  • Background Intelligence Transfer Service
  • Superfetch
  • Automatic Windows Update

a. Windows Search 

Fungsi Windows Search memang dibutuhkan oleh komputer untuk mempercepat pencarian file atau yang lainnya. Namun ada kalanya fitur tersebut menyebabkan looping processes dan bisa saja menjadikan Disk Usage 100%.

Untuk mematikan Windows Search ada beberapa cara , cara pertama menggunakan command prompt

Buka Command Prompt ( CMD ) dengan Administrator kemudian ketikkan 

net.exe stop “Windows search”

Langkah tersebut untuk mematikan sementara Windows Search , namun jika ingin mematikan secara permanen buka Service Windows dengan cara tekan tombol Windows + R atau Run kemudian ketikkan services.msc. Cari Windows Search kemudian dobel klik pada startup type pilih disabled.

Tunggu beberapa saat apakah ada perubahan pada Disk Usage 100% menjadi turun atau masih saja. Jika masih belum bisa lanjut mencoba langkah selanjutnya.

* Catatan ; Proses Windows Search mungkin saja tidak bisa dimatikan di Windows 10 walaupun sudah dipilih disable. Setelah direstart mugkin akan kembali jalan lagi karena Windows Search digunakan untuk fitur Cortana. 


b. Background Intelligence Transfer Service

Caranya sama dengan membuka services.msc kemudian cari Background Intelligence Transfer Service lalu STOP atau DISABLE.


c. Superfetch

Untuk mematikan proses superfetch dengan buka Command Prompt ( CMD) sebagai administrator ketik
net.exe stop superfetch


d. Windows Update

Buka services.msc kemudian cari Windows Update lalu STOP atau DISABLE.



3. Melakukan Cek Disk

Jika masih saja belum teratasi coba lakukan cek disk , Untuk melakukan cek disk pada komputer kamu buka Command Prompt ( CMD) sebagai administrator ketik

chkdsk.exe /f /r

Komputer akan diminta untuk restart dan proses akan berjalan otomatis sesaat setelah booting Windows , tunggu sampai selesai dan lihat perubahannya.


4. Cek Kondisi Hardisk dan Hardware Lain

Masalah Disk Usage 100% bisa terbilang aneh dan misterius karena pada beberapa kejadian sudah melalukan langkah diatas tapi masih belum bisa teratasi. Namun sebelum berputus asa mungkin ada baiknya mengecek kondisi fisik hardisk kamu apakah ada masalah dengan hardwarenya atau kabel-kabel penghubungnya.

Jika dipastikan tidak ada masalah mungkin bisa dicoba dengan melakukan Defragment Hardisk untuk mngetahui adanya badsector atau tidak.

Cek juga kondisi hardware lainnya misal jika kamu pengguna PC , apakah Power Supply dalam keadaan normal atau tidak dari sisi hardware maupun pembagian dayanya ke hardisk.

Ada kondisi juga dimana Disk Usage 100% terus menerus tanpa menyebabkan proses lainnya terganggu alias tetap ngacir , beberapa orang juga mengalamainya.

Jika tidak jelas silakan komentar ya

Terima kasih atas kunjungan Anda.
Emoticon Emoticon