Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Screenshot Panjang di Komputer Tanpa Software Tambahan



Kucing Tekno - Browsing di internet merupakan aktifitas sehari-hari yang sering kita semua lakukan. Banyaknya informasi yang ditangkap harus disimpan untuk dilihat di kemudian hari atau untuk membandingkan informasi satu dengan informasi lainnya.

Biasanya untuk menyimpan informasi suatu website sering kita gunakan fitur Bookmark , namun untuk membukanya kembali dibutuhkan koneksi internet. Cara lainnnya adalah menyimpannya ke dalam web offline dengan fitur save page as tapi kekurangannya adalah tidak leluasa untuk dibagikan ke orang lain atau dilihat sendiri melalui perangkat yang berbeda.

Nah salah satu solusi terbaik adalah menyimpannya ke dalam bentuk gambar atau screenshot. Lalu apakah tidak ribet membuat screenshot di halaman web yang notabenenya web itu panjang kalau di screenshot, oleh karena itu kita memerlukan cara screenshot panjang di komputer dengan mudah.

Sebelumnya kita pernah membahas Membuat Screenshot Panjang di Android dengan membutuhkan aplikasi tambahan , kini ada cara untuk membuat screenshot panjang di komputer tanpa menggunakan software tambahan. Artinya kita tidak perlu menginstal add-ons atau aplikasi perekam layar hanya untuk menyimpan halaman web.

Yang diperlukan hanyalah menggunakan Mozilla Firefox, apakah Firefox bisa melakukan screenshot halaman web tanpa adanya add-ons atau pengaya? Jawabannya Ya bisa . Namun yang perlu diperhatikan Mozilla Firefox yang digunakan harus update terbaru , browser keluaran Mozilla terbaru ini sering disebut Firefox Quantum versi 57 ke atas .



Cara Screenshot Panjang di Mozilla Firefox Quantum Tanpa Add-ons


  • Update saja Firefox kamu melalui cek update atau kamu bisa mendownloadnya di situs resminya. 
  • Buka sebuah halaman web yang ingin di screenshot, Setelah terbuka dengan sempurna kamu tinggal klik titik tiga di kanan address bar pilih Take a Screenshot.

pilih Take a Screenshot


  • Akan ada pilihan Save Full Page untuk screenshot panjang semua halaman dan Save Visible untuk screenshot yang terlihat di layar saja. Selain itu kamu juga bisa screenshot sesukamu dengan menggerakkan area kursor yang ingin disimpan.

Pilihan mode screenshot

 
  • Selanjutnya ada pilihan icon  untuk download hasil screenshot dan Save untuk menyimpannya secara online. Jika kamu memilih Save online , gambar hasil screenshot akan disimpan secara cloud dengan waktu kadaluarsa maksimal 14 hari dan bila melebihi waktu maka akan dihapus otomatis.

pilihan download dan save online


  • Jika di download akan menampilkan hasilnya seperti berikut 

hasil screenshot di gallery


Bagaimana sangat mudah bukan untuk menyimpan screenshot web panjang melalui Mozilla Firefox ? Apabila kamu mempunyai cara yang lebih mudah lagi bisa dishare di kolom komentar terima kasih, Salam Kucing Tekno 🐱‍👤🤖😸.

Posting Komentar untuk "Cara Screenshot Panjang di Komputer Tanpa Software Tambahan "