Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Langkah Mudah Merename Banyak File Sekaligus dengan Cepat di Komputer




Kucing Tekno - Mengubah nama file atau merename memang mudah dilakukan jika hanya beberapa file saja. Tapi bayangkan jika file tersebut jumlahnya ratusan bahkan ribuan pasti sangat melelahkan dan membosankan.

Misal kita mempunyai backup foto liburan dengan sumber yang berbeda, ketika kita ingin menyimpannya sesuai tanggal dan nama maka langkah merename semua foto tersebutb memerlukan waktu yang lama karena harus satu per satu.

Namun jangan kecewa karena ada langkah mudah merename file dengan cepat dan mudah yaitu menggunakan software tambahan bernama Bulk Rename Utility. Software ini bersifat gratis jadi kalian tidak perlu ragu untuk mendownloadnya.

Software ini compatible dengan semua versi windows mulai dari Windows XP, Windows Vista, Windows 8, Windows 10 baik 32 bit maupun 64 bit dan juga disertai file dokumentasi untuk mengetahui fungsi-fungsi di dalamnya .

Dan kabar menariknya software untuk merubah jutaan file ini mempunyai ukuran yang sangat kecil yaitu hanya dibawah 10 MB.Untuk mendownloadnya kamu bisa mengunjungi link berikut.


Setelah terdownload instal aplikasi seperti biasanya lalu buka program Bulk Renamer Utility dari start menu.



Lalu buka dimana file yang akan kita coba rename , misal saja kita ingin merename foto-foto yang jumlahnya banyak dengan format namakita-urutan maka hal tersebut sangat mudah.

Seleksi foto yang ingin direname lalu klik bagian 

  • Remove tambahkan angka 31 di kolom First - artinya akan menghapus 31 karakter mulai dari depan
  • Add ketikkan nama file baru yang diinginkan misal kucingtekno
  • Numbering mode pilih Suffix dan Start 1 - artinya akan menambahkan angka berurutan setelah nama file.
  • Settingan lainnya biarkan default jika ingin merename standar, Kamu bisa melihat preview rename di tampilan explorer atas bagian tengah pada kolom New Name, jadi bila kurang sesuai bisa dirubah lagi settingannya .

Jika sudah selesai menyetting maka klik tombol Rename di sebelah kanan bawah , akan muncul popup lalu klik OK untuk melanjutkan. Proses rename berjalan sangat cepat bahkan hampir tidak menemui proses loading.

Hasilnya file terlihat teratur dan rapi dengan nama file yang kita inginkan , jadi lebih mudah untuk menemukan dan mengelola file tersebut.

Banyak sekali pengaturan lainnya yang perlu diexplore lebih jauh lagi misalnya menambahkan tanggal, merubah extensi file  dan lain-lain.

Posting Komentar untuk "Langkah Mudah Merename Banyak File Sekaligus dengan Cepat di Komputer"