Sunday, December 17, 2017

Membuat Project Baru di Firebase dan Menghubungkan ke Android Studio


Kucing Tekno - Layanan Firebase dari Google sekarang banyak digunakan untuk mengembangkan aplikasi berbasis android maupun lainnya. Karena Firebase tergolong mudah digunakan dan fiturnya yang banyak sehingga kita tidak perlu susah-susah membuat database di server.

Salah satu keunggulan Firebase adalah dukungannya terhadap multi platform misal android, IOS dan javascipt. Data yang digunakan bersifat realtime misal untuk membuat sebuah aplikasi chatting seperti whatsapp kita bisa menggunakan fitur cloud messaging di Firebase.

Contoh lain penggunaan Firebase misal penggunaan login dengan akun Google untuk menghubungkan ke aplikasi misal aplikasi sekarang yang banyak menggunakan Google untuk login dari pada memasukkan username dan password.

Selain login dengan Google bisa juga login aplikasi menggunakan konfirmasi token yang dikirim lewat sms seperti masuk ke Whatsapp pertama kali . Di firebase juga disediakan login lewat Facebook, Twitter, Github dan lain-lain. 
Namun sebelum membahas penggunaanya lebih jauh mari kita coba untuk membuat project baru di Firebase dan sekaligus bagaimana cara menghubungkannya di Android Studio yang selanjutnya akan diolah menjadi suatu aplikasi.


Berikut Cara Membuat Project Baru di Firebase


  • Kita harus mempunyai akun Gmail dan mengakses halaman Firebase Console untuk membuat akun Firebase.
  • Buat satu project juga di Android Studio, beri nama package yang sama dengan package name di project Firebase misalnya com.aplikasiku.contoh  ( ada di langkah berikut ) 
  • Setelah masuk ke halaman utama Firebase klik Add Project untuk membuat project baru



  • Selanjutnya masukkan nama project dan Negara, isi saja misal CobaLoginFirebase dan Pilih negara Indonesia lalu klik Create Project



Karena tujuan utama kita akan menghubungkannya ke Android Studio maka pada pilihan selanjutnya klik Add Firebase to Your Android Apps. Jika kallin ingin membuat Firebase untuk aplikasi IOS atau web bisa disesuaikan pilihannya.



Langkah berikutnya masukkan sesuai di kolom yang tersedia lalu klik Register App



  • Android Package Name HARUS sama dengan nama project yang kita buat di Android Studio, jika tidak maka akan gagal di Run
  • App Nickname bisa diisi sesukanya atau bisa juga dikosongkan
  • Debugging signing Certificate SHA-1 digunakan untuk membuat aplikasi login dengan akun Google, verifikasi sms dan lain-lain ( untuk sementara dikosongkan saja) 

Download file JSON yang ada di link karena file ini akan dimasukkan ke dalam project Android Studio





Untuk lokasi filenya ada di root project Android Studio seperti di gambar di atas. Jika kalian bingung bisa copy file .json ke folder project Android Studio di explorer - folder app





Buka project Android Studio yang sudah dibuat untuk menghubungkannya tambahkan library berikut ke setingan Project- Build.graddle ada 2 bagian graddle yang terpisah perhatikan gambar berikut



  • Buka build.graddle project ( file pertama ) tambahkan tambahkan classpath 'com.google.gms:google-services:3.1.0' dibawah dependencies sesuaikan dengan gambar 




  • Buka build.graddle module tambahkan  apply plugin: 'com.google.gms.google-services' di akhir baris


 Coba Sync Now di Android Studio, akan dilakukan sync library dan file json tadi dan jika sudah benar maka tidak ada eror pada saat sinkronisasi.

Untuk keterangan selengkapnya akan saya jelaskan pada tutorial berikutnya menggunakan Firebase di Android Studio. Berikut halaman utama project di Firebase yang sudah berhasil dibuat.



Sekarang project Firebase siap digunakan dan di customize lebih jauh misal ingin membuat login Android Studio dengan email dan password yang datanya disimpan via Cloud Firebase.

Sekian tutorial kali ini, bersambung di tutorial selanjutnya dan apabila ada koreksi atau pertanyaan bisa dituliskan di kolom komentar dibawah ini. Salam Kucing Tekno