Wednesday, December 13, 2017

Tutorial Menampilkan Video di Android Studio dengan Videoview Offline


Kucing Tekno - Setelah lama tidak menyentuh Android Studio ternyata sudah ada beberapa perubahan dengan update versi Android Studio 3.0 . Dijelaskan di situs resminya ada hal-hal baru dihadirkan untuk memepermudah developer Android dalam membuat aplikasi.  Salah satunya hadirnya bahasa pemrograman Kotlin yang diyakini lebih simpel dan lebih mudah dipahami. Kita lupakan dulu Kotlin kita fokus belajar  membuat aplikasi android dengan mudah

Menampilkan video di  sebenenarnya bisa dengan sangat mudah dibuat tanpa banyak koding yang ribet. Video Android Studioyang dimaksud yaitu video lokal yang sudah di package dalam aplikasi android, bukan seperti video player.
Pada postingan selanjutnya saya akan mecoba membuat Tutorial Menampilkan Video di Android Studio dengan Videoview Secara Online 

Untuk membuat video lokal di Android Studio kita menggunakan komponen bernama Videoview. Kita akan membuat aplikasi yang dapat memutar video seperti gambar di bawah ini 


Hasil Akhir




Pada gambar tersebut terdapat video player dalam aplikasi android lengkap dengan kontrol Play, Pause, Forward dan Backward.

Bagaimana Membuat Aplikasi Menampilkan Video di Android Studio ?


Persiapkan dulu contoh videonya, misal yang saya gunakana adalah video trailer Star Wars dengan format MP4 ukuran sekitar 8 MB, untuk video terserah kalian mau video apa yang ingin dimasukkan.

1. Buat projek baru di Android Studio , beri nama sesuka hati kemudian klik Next




2. Pilih minimal SDK yang diinginkan sesuai kebutuhan, disini contohnya kita akan menggunakan API 14 Android Ice Cream Sandwich 4.0 kemudian klik Next.




3. Pada template yang ada silakan pilih misal Empty Activity kemudian Next sampai ke layar workspace Android Studio tunngu proses pembuatan project baru selesai.



4. Pertama kita akan membuat folder raw dahulu, dimana folder tersebut digunakan untuk menyimpan file video kita nanti. Klik File - New - Android Resource Directory maka akan muncul folder raw di bawah kategori folder res lalu copy kan file video yang sudah disiapkan ke dalam folder raw tersebut.

5. Pada directori name beri nama raw saja kemudian pada kolom Resource Type pilih raw lalu OK 

-



6. Kemudian buka activity_main.xml lalu drag tool Videoview ke halaman design layar lalu pindah ke mode Text sesuaikan dengan koding seperti ini

- -



-

 -


7. Jika sudah buka file MainActivity.java sesuaikan kodingnya seperti berikut
- -




8. Perlu diperhatikan koding yang saya kasih kotak merah , kotak pertama adalah id videoview di activity_main.xml lalu kotak kedua adalah nama dan lokasi file videonya tanpa ekstensi file.

Coba jalankan maka hasilnya akan seperti screenshot di atas, sangat mudah dan simpel kan?

Jika ada kesalahan dari tulisan saya atau mengalami kesulitan mengikuti tutorial di atas bisa meninggalkan pesan di kolom komentar, terima kasih salam Kucing Tekno.