Tuesday, January 16, 2018

Apakah Perbedaan Cloud Hosting, Shared Hosting, Dedicated Hosting, Dedicated Server dan VPS ?

via nytimes


Kucing Tekno - Ketika kita menggunakan layanan web atau berhubungan dengan hosting maka kita akan disuguhi dengan istilah-istilah seperti VPS, Dedicated Server, Shared Hosting dan Cloud Hosting. Hal tersebut cukup membingungkan saat kita akan mencoba mendevelop sebuah web dan mencoba membeli layanan penyedia server dan hosting. 


Seperti Apa Pengertian Server itu ?


Sebelum kita mengenal lebih jauh Apakah Perbedaan Cloud Hosting, Shared Hosting, Dedicated Server dan VPS ? Sebenarnya server merupakan komputer seperti PC yang kita punyai dimana terdiri dari hardware seperti RAM, Hardisk, Prosesor. Namun yang membedakan tentu spesifikasi yang digunakan jauh lebih tinggi serta server tersebut hidup 24 jam sehari-hari dan terkoneksi dengan internet. Server juga memiliki ketahanan yang lebih handal dengan PC biasa karena digunakan untuk menjalankan tugas yang berat terus-menerus.

via datacenterfrontier com

Server tersebut ditempatkan di sebuah Datacenter khusus dan mempunyai perawatan yang intensif maka tidak bisa dipungkiri jika biaya perawatannya sendiri terbilang mahal untuk orang awam.Agar server tersebut dapat dijual maka harus dibagi menjadi beberapa bagian untuk client yang banyak. Istilah dalam pembagian server inilah yang kemudian disebut dengan VPS, Shared Hosting dan Cloud Hosting.



Apakah Dedicated Server itu ?


via croweb

Dedicated Server merupakan server yang utuh tanpa ada pembagian resource dan hanya dioptimalkan khusus untuk 1 client saja. Dedicated Server biasanya digunakan untuk menampung web dengan trafik yang sangat ramai dan padat.

Jika kamu membeli sebuah dedicated server maka kamu hampir seperti membeli sebuah PC sungguhan dimana kamu bisa memilih spesifikasi RAM dan bahkan sampai merk prosesor tersebut. Membeli dedicated server harus siap untuk mengelola phisical server itu sendiri serta harus mengelola virtual servernya seperti VPS dan Dedicated Hosting.


Shared Hosting 


via genuinehostingreviews

Shared Hosting merupakan salah satu jenis hosting pada sebuah sistem server tunggal dimana resource seperti penggunaan RAM dan prosesor dipakai bersama-sama tidak beraturan oleh semua clientnya sehingga jika ada satu client yang rakus maka dampaknya akan dirasakan oleh semua client yang ada.

Shared Hosting biasa juga disebut hosting tradisional karena masih menggunakan mekanisme lawas dibanding dan mempunyai banyak kekurangan dibanding cloud hosting.


Dedicated Hosting


Sebenarnya Dedicated Hosting hampir sama dengan Shared Hosting dimana salah satu layanan hosting yang penggunanya bisa menyewa server dengan bagian lebih banyak ataupun seluruhnya. Dedicated Hosting bisa dibilang versi premium dari Shared Hosting.


Cloud Hosting


Cloud Hosting merupakah salah satu hosting turunan dari dedicated server yang mempunyai mekanisme pembagian yang modern dan teroganisir sehingga tidak mengganggu client lainnya jika ada client mempunyai traffic padat.

via dewaweb com


Cloud Hosting bisa dikatakan lebih stabil dan handal untuk menangani website dengan trafik yang tinggi. Uniknya sebelum membeli sebuah Cloud Hosting maka kamu akan disuguhkan dengan pilihan resource seperti jumlah RAM , hardisk dan prosesor. Resource tersebut sepenuhnya akan digunakan untuk keperluan kamu sendiri sebagai penyewa Cloud Hosting dan tidak akan dibagi untuk client lain.


VPS


VPS atau Virtual Private Server adalah server virtual untuk perorangan , VPS sering disebut juga dengan semi dedicated server karena kita bisa mengelola penuh virtual server ini.

Suatu Dedicated Server dapat dipecah menjadi puluhan server virtual yang memiiki spesifikasi yang lebih kecil. VPS mendapat alokasi resource seperti hardisk, RAM dan prosesor secara khusus sama seperti Cloud Hosting namun kita bisa mengontrol penuh atas pengelolaaan server.

via technomiz com


VPS merupakan server kosong tanpa ada konfigurasi alias mentah , berbeda dengan cloud hosting yang di dalamnya sudah terdapat Cpanel ataupun software auto installer. Selain untuk hosting VPS bisa digunakan untuk mail server, SSH server, proxy server, Open VPN dan lain-lain.


Itulah artikel tentang Perbedaan Cloud Hosting, Shared Hosting, Dedicated Hosting, Dedicated Server dan VPS semoga dapat sedikit mengenal istilah tersebut.