Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengatasi Error Microsoft ACE OLEDB 12.0 Provider is Not Registered




Kucing Tekno - Pernahkah kalian mengalami di windows kamu muncul peringatan "The 'Microsoft.ACE.OLEDB.12.0' provider is not registered on the local machine" ?

Hal tersebut muncul saat saya mencoba menggunakan database Microsoft Access tepatnya eror tersebut muncul ketika membuat database baru di aplikasi SPT Tahunan Pajak Pribadi ( eSPT Tahunan PPh Orang Pribadi ) Nampaknya ada eror karena belum terinstal Microsoft Acces Database Engine. Akibatnya saya tidak bisa membuat database baru di aplikasi SPT dan aplikasi eSPT mengalami eror.


Untuk lebih jelasnya berikut versi Windows dan Office yang saya pakai :
  • Windows 10 Pro Insider Preview 64 bit
  • Microsoft Office 2016 64 bit

Cara untuk mengatasi eror The Microsoft ACE OLEDB 12.0 di database Microsoft Access adalah dengan menginstal aplikasi bernama Access Database Engine atau downloading 2007 Office System Driver: Data Connectivity Components langsung dari situs resmi Microsoft jadi terbukti aman.


Ukuran aplikasinya sekitar 25 MB jadi sangat mudah dan cepat di download. Cara menginstal seperti biasanya tinggal next - next dan selesai. Begitu selesai maka tidak ada lagi muncul eror peringatan "The 'Microsoft.ACE.OLEDB.12.0' provider is not registered on the local machine".

Itulah sedikit cara untuk mengatasi eror database access sekaligus mengatasi eror membuat database di aplikasi eSPT Pajak Tahunan.

Mungkin saja cara diatas tidak bekerja di komputer anda , namun saya sudah membuktikan sendiri dan berhasil.

Posting Komentar untuk "Mengatasi Error Microsoft ACE OLEDB 12.0 Provider is Not Registered"