Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengaktifkan Peringatan Gempa Bumi di Smatphone Xiaomi

kucingtekno.com - Mungkin banyak yang belum tahu bahwa ada fitur peringatan dini gempa bumi di smartphone Xiaomi. Perangkat ponsel xiaomi akan menerima notifikasi dan alarm jika terdeteksi gempa bumi terjadi di sekitar kita. Apakah fitur Earthquake Early Warning Xiaomi ini sudah kamu coba ?


Cara Mengaktifkan Peringatan Gempa Bumi di Smatphone Xiaomi



Sebenarnya fitur EEW ( Earthquake Early Warning ) atau peringatan dini di smartphone xiaomi sudah berjalan lancar di China dan kini fitur tersebut sudah dapat digunakan di Indonesia.

Seperti yang kita ketahui , Indonenesia merupakan negara kepulauan dengan banyak gunung berapi yang masih aktif dimana potensi gempa bumi sering kita alami juga di beberapa daerah . Dengan mengaktifkan fitur peringatan dini gempa bumi di hp Xiaomi kita akan menerima pemberitahuan saat terjadi gempa bumi di sekitar kita.

Fitur peringatan gempa bumi di ponsel Xiaomi membantu pengguna untuk waspada dan menyelamatkan diri jika terjadi potensi gempa bumi. Tentu saja sistem ini menggunakan data dari  Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) yang telah terintegrasi dengan sistem Xiaomi.


Syarat Mengaktifkan Fitur Peringatan Gempa di Smartphone Xiaomi


Untuk mencoba fitur Eartquake Early Warning Xiaomi perhatikan dulu beberapa syaratnya :

  • Pastikan perangkat Xiaomi sudah menggunakan MIUI 12/ MIUI 12.5/ MIUI 13 atau yang terbaru
  • Perangkat terkoneksi dengan internet
  • Mengaktifkan Layanan Lokasi 


Cara Mengaktifkan  Peringatan Dini Gempa Bumi di Smartphone Xiaomi


Buka Aplikasi Security / Keamanan kemudian scroll ke bawah lalu tap Eartquake Warning /  Peringatan Gempa.

mengaktifkan fitur peringatan dini gempa bumi di hp Xiaomi


Lalu aktifkan Receive earthquake early warnings / terima peringatan gempa dengan tap toogle tersebut maka muncul popup syarat dan ketentuan setelah ditap Setuju selanjutnya tampil layar untuk mencoba memainkan sirine/ alarm peringatan gempa , tap saja Play warning sound / Mainkan suara peringatan selanjutnya akhiri dengan tap Turn On / Hidupkan .

mengaktifkan fitur peringatan dini gempa bumi di hp Xiaomi

mengaktifkan fitur peringatan dini gempa bumi di hp Xiaomi




mengaktifkan fitur peringatan dini gempa bumi di hp Xiaomi



Ada beberapa fungsi yang perlu dicoba pada fitur tersebut :

Set earthquake earky warning threshold /Tetapkan ambang peringatan gempa:
Fitur ini untuk mengatur notifikasi peringatan dini gempa bumi aktif, dengan Setelan ambang peringatan: Perkiaraan intensitas: 4 (Guncangan ringan), atau Perkiraan intensitas: 5 (Guncangan sedang).

Emergency Contact/ Kontak darurat
Fitur untuk menambahkan satu kontak darurat untuk akses cepat menghubungi seseorang ketika fitur Peringatan Dini gempa bumi ini aktif.

Medical Card / Kartu medis
Kita bisa mengisi formulir Kartu medis yang berisi data kesehatan seperti nama, tanggal lahir, golongan darah, alergi, obat yang dikonsumsi dan lain-lain .


Kesimpulan

Pada saat artikel ini ditulis fitur Peringatan dini gempa bumi di smartphone Xiaomi masih tertera tulisan For Trial Only atau untuk Uji Coba Saja , artinya fitur ini masih dalam tahap pengembangan dan mungkin saja masih ada kekurangan pada fungsinya.

Kehadiran fitur EEW di smartphone Xiaomi di Indonesia akan membantu warga Indonesia dalam menerima peringatan dini gempa bumi lebih mudah melalui perangkat smartphone .


 Demikian artikel tentang Cara Mengaktifkan Peringatan Gempa Bumi di Smatphone Xiaomi Terimakasih, Salam kucingtekno

Posting Komentar untuk "Cara Mengaktifkan Peringatan Gempa Bumi di Smatphone Xiaomi"