Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mudah Menampilkan Kecepatan Internet di Komputer



Kucing Tekno - Memonitor kecepatan internet di smartphone bisa dilihat di status bar android , banyak ROM yang telah menyediakan secara bawaan fitur tersebut dan banyak juga aplikasi yang bisa di download di Google Play.

Namun jarang sekali yang menggunakan software pemantau kecepatan internet atau speed internet di komputer mungkin karena tidak perlu atau juga sulit menemukan software tersebut. Biasanya untuk mengetahui kecepatan internet kita sering mengandalkan fitur PING di command prompt.

Namun bagi sebagian orang PING di CMD terkadang sulit dan terlihat tidak efektif karena kita harus memantau terus menerus window command promptnya maka dari itu digunakan kalau ada hal penting saja misalnya untuk mengecek waktu transfer cepat atau tidak.


Padahal aktitivitas pemantauan kecepatan internet menurut saya sangat penting karena kita bisa memonitoring laju data download dan upload. Terlebih lagi jika kita menggunakan hotspot internet dengan kuota yang terbatas.

Untuk menampilkan kecepatan internet di komputer kita bisa mencoba menggunakan software gratis yang bernama NetSpeedMonitor. Dengan software ini pemantauan aktifitas data download dan upload bisa kita lihat terus menerus seperti di smartphone karena datanya tampil di taskbar windows.



 Fitur dan Keuntungan NetSpeedMonitor 


  • Mempunyai ukuran yang sangat kecil yaitu kurang dari 5 MB
  • Compatible dengan semua versi Windows termasuk Windows 10 terbaru 32 dan 64 bit
  • Software ini bersifat gratis artinya tidak perlu crack, serial dan lain-lain
  • Pengaturannya yang mudah dan tidak ribet
  • Tampilan mode Download dan Upload bisa di custom



Cara Menampilkan Kecepatan Internet di Taskbar Windows


  • Download software NetSpeed Monitor pilih versi 32 atau 64 bit sesuai komputer dan instal seperti biasa. Proses instalasi tidak akan saya jelaskan karena mudah.
  • Jika ada pop up Do You Want to the NetspeedMonitor toolbar on your Taskbar pilih Yes jika tidak ada lanjut saja.
  • Setelah instalasi selesai coba jalankan program  di program file , lihat apakah sudah tampil di taskbar ?
  • Jika belum ada di taskbar klik kanan taskbar - Toolbar - NetSpeedMonitor - NetSpedMonitor wajib dicentang 

pengaturan taskbar

  • Coba koneksikan internet apakah data sudah berjalan atau belum, apabila data Download ( D ) dan Upload (U) masih menunjukkan 0 alias tidak jalan , buka pengaturannya dengan klik kanan grafis tersebut - Pilih Configurations - pada Network Interface pilih adapter yang digunakan apakah LAN atau Wifi Card dan jangan lupa pada centang Monitoring ON harus aktif.

pilih configuration


pilih network adapter

  • Kita juga bisa merubah posisi tampilan dan pengaturan lainnya di bagian configurations.

Itulah cara mudah menampilkan kecepatan internet di komputer dengan menggunakan software gratis dan ukurannya kecil. Jika kalian mempunyai software atau cara lain bisa share di kolom komentar dan apabila ada kesulitan instalasi bisa ditanyakan juga di komentar, terima kasih salam Kucing Tekno πŸ€–πŸ˜ΈπŸ±‍πŸ‘“

Posting Komentar untuk "Cara Mudah Menampilkan Kecepatan Internet di Komputer "