Monday, September 24, 2018

Perbedaan Kecepatan Internet Kbps, KBps, Mbps dan MBps

kucingtekno - Mungkin diantara kalian sudah tak asing lagi mendengar istilah kecepatan internet yang sering ditawarkan oleh provider internet. Terlebih persaingan operator yang kian marak menawarkan produknya dengan harga yang miring dengan kuota yang besar.

Teknologi jaringan internet saat ini mengalami perkembangan cepat, hal tersebut dapat dilihat dengan mendominasinya jaringan 4G LTE yang telah menggantikan 3G dan macam-macam jenis jaringan 4G LTE di Indonesia terbagi menjadi beberapa kategori.

via onmsft
Namun perlu diketahui saat ada salah satu provider internet yang menawarkan jasanya dengan iming-iming kecepatan internetnya hingga ratusan mb dan setelah mencoba membelinya pada kenyataannya kecepatan internetnya jauh dibawah ekspektasi bahkan kecepatannya hanya beberapa ratus kB saja . Lalu muncul pertanyaan apakah provider internet tersebut telah menipu kita ?

Sesuai dengan judulnya yaitu Perbedaan Kecepatan Internet Kbps, KBps, Mbps dan MBps maka disini huruf b (kecil) dan B (besar) jelas memunyai nilai yang berbeda dan sebelum kita meyalahkan provider tersebut mari kita lihat contoh kronologi berikut

Contoh Kasus 



Terdapat provider A yang mempromosikan paket data seharga Rp 100 ribu per bulan unlimited dengan kecepatan download 7,2 Mbps namun kita mengeluhkan setelah mencoba download kecepatannya cuma 800 KB saja di IDM ( Internet Download Manager ) bukan 7 MB per detik.

Jawabannya adalah kita jangan terpatok dengan besar mb nya saja tapi satuannya.

KBps = Kilo Byte per second.
Kbps = Kilo bit per second
MBps = Mega Byte per second.
Mbps = Mega bit per second.
B = byte.
b = bit.
1 byte = 8 bit.

Jelas ukuran bit dan byte berbeda nilainya , untuk kasus diatas kita akan mencoba menghitungnya secara matematis. Karena umumnya kita sudah terbiasa dengan satuan kecepatan KB/s atau KBps ( Kilo bytes per second ) dan satuan ini umumnya ditemui di IDM, rubah semua satuannya menjadi KB dahulu.

7,2 Mbps = ..... KB/s

7,2 Mbps = 7200 Kbps   ( ingat masih bit per second )
7200 Kbps = .... KBps
7200 / 8 = 900 ( ingat 1 byte = 8 bit ) , jadi :

7,2 Mbps = 900 KB/s

Itulah kecepatan real yang akan kita dapat saat mencoba download di jaringannnya. Mungkin dari sini kita mengerti mengapa iklan- iklan memasang angka kecepatan internet sebegitu besar.


Mengapa Provider Internet Menggunakan Mbps bukan KBps


via winstarlink
Mengapa provider internet lebih memilih satuan Mbps jawabannya semata-mata hanyalah untuk keperluan strategi marketing saja. Orang-orang akan lebih tertarik melihat satuan Mb ketimbang KB. Padahal secara tidak sadar mereka telah terhipnotis agar segera membeli dan mencoba produk provider tersebut.


Jadi sudah pahamkah kita mengenai perbedaan kecepatan internet , tapi perlu diketahui juga banyak faktor yang sangat mempengaruhi seberapa cepat internet yang kita terima misalnya cuaca, hardware, lokasi dan lain-lain.

Berhenti dulu men-judge apakah provider menipu kita dengan iklannya tapi kita sebagai konsumen harus lebih jeli dan pintar dalam memilih layanan internet jangan cuma termakan oleh iklan.. okay .

This Is The Newest Post