Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Membuat Autentikasi Fingerprint di Flutter - Tutorial Flutter Indonesia

kucingtekno.com - Tutorial Flutter Indonesia kali ini mencoba membuat autentikasi atau perijinan fingerprint menggunakan flutter. Seperti yang kita ketahui teknologi untuk mengamankan data smartphone salah satunya menggunakan fingerprint atau sidik jari.

Fingerprint sudah mulai digunakan disemua aplikasi yang menuntut kemanan ganda agar data bahkan materi yang ada di akun kita bisa terlindungi dari pihak yang ingin menyalahgunakan. Maka aplikasi perbankan atau fintech sudah menerapkan metode dua lapis untuk kemanannya yaitu menggunakan pin atau password dan selanjutnya menggunakan fingerprint atau sidik jari untuk autentikasi selanjutnya.



Disini kita akan mencoba membuat aplikasi login dengan fingerprint di Flutter , konsep aplikasi ini masih tergolong sangat sederhana dan nantinya bisa dikembangkan sendiri untuk lebih lengkap penggunaannya. Di tutorial sebelumnya kita pernah mencoba membuat Webview di Flutter dengan sangat mudah.

Apa saja yang dibutuhkan untuk memulai projek membuat autentikasi sidik jari di Flutter ini ? tentu saja sudah bisa sedikit paham membuat projek di Flutter . Untuk editor terserah menggunakan apa disini saya menggunakan Visual Studio Code dan smartphone android punya saya sendiri yang sudah ada fingerprint-nya untuk mencoba running langsung di ponsel.

Buat Projek Baru di Flutter


Silakan buat projek baru beri nama sesuai keinginan, tekan Ctrl+Shift+P lalu ketik flutter --> New Project simpan di folder projek kamu.

Tutorial Autentikasi Fingerprint di Flutter


Tambahkan Permission Fingerprint di Android Manifest

Sekarang buka file android manifest dengan cara klik folder android - app - src - main - AndroidManifest.xml lalu tambahkan permission fingerprint di bawah pckage name.

Membuat Autentikasi Fingerprint di Flutter
Android Manifest

Tambahkan kode berikut :
<uses-permission android:name="android.permission.USE_FINGERPRINT"/>  
tutorial login fingerprint flutter


Tambahkan Local Auth di pubspect yaml

Buka pubspec.yaml lalu tambahkan local auth di dalamnya , Plugin Flutter ini menyediakan sarana untuk melakukan otentikasi pengguna lokal di perangkat. Ini berarti merujuk ke otentikasi biometrik di iOS (Touch ID atau kode kunci) dan API sidik jari di Android (diperkenalkan di Android 6.0).

tambahkan kode berikut :

 local_auth0.6.2+3 
Membuat Autentikasi Fingerprint di Flutter


Edit Main dart dan sesuaikan

Sesuaikan file main.dart project flutter kamu dengan kode berikut, untuk kode bisa disesuaikan dengan kebutuhan bisa saja ditambahkan fitur-fitur lain sesuai keinginan kamu misal dapat menambahkan Splash Screen di Flutter , disini hanyalah contoh sederhana penggunaan fingerprint di Flutter.

Berikut kode lengkap main.dart

-
-


Running Project Membuat Autentikasi Fingerprint di Flutter di Smartphone dan Hasilnya

Coba running di smartphone kalian dan kurang lebih hasilnya seperti ini :

Autentikasi Fingerprint di Flutter - Tutorial Flutter Indonesia
Tampilan awal saat aplikasi terbuka


Autentikasi Fingerprint di Flutter - Tutorial Flutter Indonesia
pop up untuk sidik jari

Autentikasi Fingerprint di Flutter - Tutorial Flutter Indonesia
Jika autentikasi fingerprint gagal



Autentikasi Fingerprint di Flutter - Tutorial Flutter Indonesia
Jika autentikasi fingerprint berhasil


Saangat mudah dicoba dan kode yang digunakan tidak begitu kompleks, namun yang perlu dikembangkan adalah jika kita membuat aplikasi autentikasi dilengkapi dengan login dan logout di flutter. Bisa saja ditambahkan profil pengguna yang sedang login disertai data-data lainnya sehingga aplikasi login fingerprint di Flutter ini nampak realistis.

Berikut diatas merupakan artikel tentang Membuat Autentikasi Fingerprint di Flutter - Tutorial Flutter Indonesia, mari kita belajar bersama jika ada kesalah di penulisan bisa memberi tahu saya di kolom komentar.  Terimakasih, Salam kucingtekno

Posting Komentar untuk "Membuat Autentikasi Fingerprint di Flutter - Tutorial Flutter Indonesia "