Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengatasi Masalah Resolusi Tampilan di Adobe Illustrator

kucingtekno.com - Adobe Illustrator merupakan salah satu editor vektor populer yang sering digunakan para desainer di seluruh dunia. Versi Adobe Illustrator makin tahun makin berkembang dengan tambahan fitur dan perbaikan fungsi editor yang semakin canggih dan mudah digunakan.

Mengatasi Masalah Resolusi Tampilan di Adobe Illustrator


Masalah setelah update Illustrator berbeda-beda ke setiap pengguna, mungkin jika kamu mengupdate Adobe Illustrator tekadang terdapat sedikit masalah salah satunya disini yang dibahas masalah resolusi di Adobe Illustrator. Secara jelasnya tampilan antar muka pada saat pertama membuka aplikasi menjadi besar, tulisan dan icon-icon membesar tidak match dengan resolusi windows, bisa dilihat seperti contoh gambar berikut.

Mengatasi Masalah Resolusi Tampilan di Adobe Illustrator
Masalah resolusi tampilan Adobe Illustrator


Hal ini saya alami sendiri ketika mengupdate Adobe Ilustrator ke versi yang lebih tinggi, hasilnya resolusi tampilan di Adobe Ilustrator menjadi rendah sedangkan resolusi di windows dan aplikasi lainnya normal. Sekilas memang tidak terlihat begitu jelas, namun jika kamu pengguna yang sering berinteraksi dengan antar muka Adobe Illustrator pasti sedikit terganggu.

Setelah mencari info ternyata masalah resolusi Illustrator setelah update ini banyak dialami pengguna lain, hal tersebut dikarenakan ada sedikit masalah DPI di Adobe Illustrator. Jadi kamu perlu setting manual tampilan DPI melalui Compability Setting per aplikasi.

Berikut Cara Mengatasi Masalah Resolusi Tampilan Adobe Illustrator


Langkah 1 - Cari lokasi program illustrator.exe , untuk windows 64 bit biasanya di C:\Program Files\Adobe\Adobe Illustrator 2020\Support Files\Contents\Windows . Jangan smapai salah pilih file karena ada file yang hampir sama dengan icon yang sama pula.

Masalah Resolusi Tampilan di Adobe Illustrator
Lokasi illustrator.exe


Langkah 2 - Klik kanan illustrator.exe kemudian pilih Properties , masuk ke tab Compatibility lalu klik Change High DPI Settings

Masalah Resolusi Tampilan di Adobe Illustrator
Compatibility Settings


Langkah 3 - Kemudian di bagian Program DPI beri tanda ceklis , lalu pada High DPI Scalling override beri tanda ceklis lalu pilih System. Kemudian klik OK dan Apply untuk menyimpan pengaturannya.

Masalah Resolusi Tampilan di Adobe Illustrator
DPI Settings


Langkah 4 - Tutup dan buka kembali Adobe Illustrator jika kamu masih membukanya dan hasilnya akan terlihat seperti gambar berikut. Resolusi tampilan interface Adobe Illustrator sudah normal, proporsional kembali dan tidak terlihat besar-besar.

Mengatasi Masalah Resolusi Tampilan di Adobe Illustrator
Tampilan Illustrator normal


Nah sangat mudah untuk mengatasi masalah interface Adobe Ilustrator dengan setting DPI di aplikasi tersebut. Hal ini bisa diterapkan jika kamu menemukan masalah yang sama di Aplikasi Adobe atau di aplikasi lainnya.

Demikian artikel tentang Mengatasi Masalah Resolusi Tampilan di Adobe Illustrator, Terimakasih Salam kucingtekno

Posting Komentar untuk "Mengatasi Masalah Resolusi Tampilan di Adobe Illustrator"