Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Membuat Webview Di Android Studio dengan Mudah

kucingtekno.com - Webview adalah tampilan web yang akan dimasukkan ke aplikasi Android. Misalnya di tutorial ini saya akan memasukkan sebuah alamat di blog di aplikasi android. disini kita akan mencoba membuat aplikasi sederhana dengan android studio .

Dengan membuat webview apk kita bisa menampilkan konten web secara langsung dari aplikasi pihak ke-3 apapun yang menggunakan komponen Chrome tanpa harus membuka aplikasi browser terlebih dahulu.

Membuat webview android studio sederhananya kita akan membuat APK dimana di dalamnya berisi konten web, konten web tersebut bisa kita isi dengan website pribadi kita . Selain mempunyai website kita bisa juga mempunyai aplikasi android yang memuat web tanpa harus ke browser untuk mengetik alamat web, tinggal download APK nya maka otomatis konten termuat di dalam webview.

Simak terus tutorial membuat webview di Android Studio berikut karena tidak banyak menggunakan script dan termasuk simpel, selain memakai Android Studio kamu juga bisa mencoba cara Membuat Webview di Flutter dengan langkah yang mudah dan prraktis juga.

HASIL AKHIR 


final

 

APA YANG DIPERLUKAN ???



MEMBUAT ACTIVITY


Buatlah 1 Activity lagi beri nama Tiga , seperti gambar berikut :

Activity

Nama Activity

Isi tiga_activity.xml tambahkan komponen webview dengan code seperti ini :

 

Code activity_tiga.xml 

-

-

Isi Tiga.java dengan kode berikut, sesuaikan alamat blognya .

Code Tiga.Java

-

-

MEMBUAT LINK KE NAVIGATION DRAWER


Buatlah aksi untuk me-link kan menu di Navigation Drawer agar menampilkan Tiga.java
Tambahkan seperti ini  di Utama.java

Utama.java

Utama.java

-

-

TAMBAHKAN PERMISSION INTERNET


Buka AndroidManifest.xml dan tambahkan permission internet agar aplikasi kita bisa mengakses internet.
Permission Internet

Dan tambahkan Activity

AndroidManifest.xml

-

-

RUNNING PROGRAM

Berikut contoh webview blog saya di dalam aplikasi android :


Tutorial diatas merupakan tutorial membuat web view menggunakan Android Studio, sedangkan jika kamu ingin membuatnya di Flutter bisa membaca artikel Tutorial membuat webview Flutter yang mudah dan sederhana.

Demikian artikel tentang Membuat Webview Di Android Studio dengan Mudah, mari kita belajar bersama jika ada kesalah di penulisan bisa memberi tahu saya di kolom komentar.  Terimakasih, Salam kucingtekno