Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Profile Firefox Paling Mudah Tanpa Ribet dan Keuntungannya

Kucing Tekno - Mozilla Firefox merupakan salah satu browser yang paling sering digunakan dan digandrungi karena performanya. Selain itu banyak addons yang disediakan secara official yang memudahkan user untuk mengcustomize firefox menjadi lebih berguna dan efiesien.



Tak jarang seorang memiliki banyak akun sosial media atau email kemudian bingung untuk membukanya. Hal yang biasanya dilakukan adalah mendownload beberapa browser seperti Opera, UC Browser, Mazthon, Google Chrome dan lain-lain untuk login disana. Namun cara tersebut bisa dibilang kurang efektif karena selain membutuhkan ruang disk yang lebih juga terkadang membuat bingung. Ada salah satu solusi adalah dengan menggunakan fitur profil di Mozilla Firefox.

Maksud dari profil disini adalah kita akan seolah-olah mengkloning Firefox dengan beberapa profil dimana satu profil  dapat menampung akun berbeda dengan profil lainnya tanpa logout dan login ulang. Jika masih bingung dengan penggunaan profil di firefox coba perhatikan illustrasi berikut.

Misal kamu mempunyai 3 akun GMAIL yang berbeda , normalnya untuk mengganti akun lainnya kamu harus logout dan login ulang satu-satu. Dengan profil firefox kita akan mudah mengelola banyak akun tanpa ribet.


Cara Membuat Pofil Firefox Paling Mudah



Buka browser Mozilla firefox seperti biasa kemudian ketikkan di address bar about:profiles kemudian Enter, akan tampil halaman untuk membuat profil firefox . Pada gambar dibwah ini saya sudah membuat profile sebelumnya jadi akan terlihat daftarnya disini jika belum maka halamannya akan kosong.

halaman profile manager



Tekan tombol Create New Profile , maka akan tampil popup windows klik Next saja




membuat profile firefox simple

 



membuat profile firefox

Selanjutnya beri nama profil sesuai keinginan kamu , bisa juga kamu memilih lokasi file profile dimana akan disimpan. Jika tidak perlu biarkan saja secara default klik Finish.

Setiap kali kamu membuka firefox untuk pertama kali maka akan ditampilkan pilihan beberapa profil yang sudah dibuat , tinggal pilih profile firefox mana yang ingin kamu buka. Pada tampilan ini kamu juga bisa mnghapus, me-rename, menjadikan default profil yang ada.



Dimana Lokasi Folder Profile Firefox ?


Lokasi folder profile firefox berada di direktori C:\Users\UserKamu\AppData\Roaming\Mozilla\Firefox\Profiles
Mereka akan terpisah dalam bentuk folder dengan nama yang berbeda, perlu diketahui profil ini bisa juga disimpan dan digunakan untuk me-restore kembali profil firefox misal setelah install ulang windows atau berganti komputer.


Apa Kegunaan Profile Manager Firefox ?

 

Profile Manager ini membantu Anda mengelola profil Anda. Setiap profil adalah dunia terpisah yang berisi riwayat, bookmark, setting dan add-on yang terpisah.

Banyak juga yang menggunakan profile firefox untuk bermain adsense dengan akun lebih dari satu karena satu profil akan berbeda dengan profile lainnya. Atau juga bagi kamu yang ribet menghapus cache dan cookies untuk masuk ke situs yang sama dengan akun berbeda langkah ini lebih aman.

Bagaimana apakah kamu juga sudah mencoba menggunakan profile di Firefox ? tulis pengalamanmu di kolom komentar.

1 komentar untuk "Cara Membuat Profile Firefox Paling Mudah Tanpa Ribet dan Keuntungannya"